Halloween party ideas 2015

Manfaat Google Search Console Untuk Blog / Website Kamu

Tahukah kita, Manfaat Google Search Console Untuk Blog / Website Kamu


Google Search Console adalah sebuah tool gratis yang di sediakan oleh Google untuk para blogger atau webmaster, Google Search Console memiliki banyak manfaat. 

Berikut ini beberpa manfaat Google Search Console bagi sebuah blog atau website:
 

1. Memberikan atau menyediakan laporan kesalahan blog

Jangan terlalu PD bahwa blog kamu bebas dari kesalahan – kesalahan deh guys, meskipun terlihat normal dan bisa di akses dengan baik, faktanya mereka para pemilik situs web atau Blog tidak menyadari bahwa ada kesalahan-kesalahan yang di laporkan oleh Google Search Console tapi mereka tidak memperhatikannya, kesalahan tersebut di antaranya adalah:


Data Terstuktur
 
    Kesalahan ini dapat kamu lihat di Search Console – Tampilan Penelusuran – Data Terstruktur. Error yang sering di laporkan adalah Markup: microformats.org dan ini umum sekali terjadi. Beberapa kesalahan diantaranya adalah Hilang: update dan Hilang: author. Solusi permasalah tersebut untuk Blogger/Blogspot bisa kamu simak solusinya disini dan di WordPress bisa kamu simak disini.
    
Kesalahan Perayapan
    
Kesalahan perayapan adalah kondisi dimana mesin (bot) Google tidak bisa merayapi sebuah URL karena laman tersebut sudah di hapus atau karena kondisi lainnya. Kamu dapat cek sendiri kesalahan Perayapan tersebut di Search Console – Perayapan – Kesalahan Perayapan. Untuk cara mengatasi kesalahan perayapan di Google Search Console bisa kamu simak disini.
 
Gambar: contoh Kesalahan perayapan.
Manfaat Google Search Console Untuk Blog / Website Kamu

Gambar: Kesalahan /Error yang perlu diperbaiki
Manfaat Google Search Console Untuk Blog / Website Kamu

Kesalahan Penelusuran Lainnya
 
    Kesalahan lain yang mungkin terjadi seperti ketika situs web terdeteksi Malware dan lain sebagainya.

Pada dasarnya Google akan mengirimkan pesan ke akun Search Console kamu manakala terjadi error dengan prioritas tinggi. Jika tidak ada pesan masuk, dapat di artikan kesalahan tersebut tidaklah terlalu perlu kamu pusingkan akan tetapi jika di perbaiki maka akan lebih baik.


2. Laporan penelusuran Google

Laporan-laporan penting hasil dari penelusuran Google yang di disiapkan pada menu Lalu Lintas Penelusuran (Telusuri Analytics). Disini kita akan mengetahui jumlah klik yang masuk dari hasil penelusuran Google. Kemudian jumlah tayangan blog kita pada hasil penelusuran Google, jumlah klik masuk di banding jumlah tayangan di hasil penelusuran Google, kata kunci paling banyak masuk ke web kamu dan lain sebagainya. Penjelasan seputar Search Analytics ini sudah dibahas di artikel sebelumnya.
 
3. Jumlah Backlink

Mungkin kita sudah tahu bahwa backlink dapat meningkatkan popularitas sebuah halaman situs web. Jadi, banyak sekali tool yang bisa kamu manfaatkan untuk cek backlink yang mengarah ke blog atau web kamu.

Manfaatnya adalah di Search Console ini, kita bisa cek di Lalu Lintas Penelusuran – Tautan ke Situs Anda. Backlink tersebut merupakan backlink yang benar – benar di akui oleh Google.

4. Status indeks konten
 
Capek-capek kita posting namun artikel kita tidak bisa di temukan di Google! sayang kan?. nah ketika kamu mendaftarkan peta situs ke Search Console secara otomatis semua konten di web atau blog kamu akan terindeks secara otomatis, cepat tidaknya indeks bergantung pada sering tidaknya web kita dirayapi. 

Jadi, semakin banyak konten di web atau blog maka semakin sering dirayapi dan kemungkinan indeks konten lebih cepat.

Melalui peta situs inilah kita juga dapat melihat bagaimana status indeks konten di web kita sendiri, apakah semua sudah terindeks apa belum.

Demikian sekilas info sederhana, semoga bermanfaat.

Sumber Ref: ubloger.com

Post a Comment

Powered by Blogger.