Halloween party ideas 2015

Indahnya Ngopi sambil Mengaji

Agama- Pernahkah terbayang ketika anda melaksanakan Shalat bahwa Surat Al-Fatihah yang anda baca adalah salah satu rukun sahnya shalat? Saya 20 tahun pernah singgah selama 3 tahun disebuah Pesantren dan disanalah saya belajar membaca Al-Qur'an sehingga saya bisa membacanya. Hingga saat ini  saya sangat meyakini bahwa bacaan surah-surah dalam Al-Qur'an sangat betul dan fasih begitujuga dengan surah Al-Fatihah ketika saya dalam shalat.

Suatu ketika saya minum kopi bersama rekan saya, tiba-tiba muncul seseorang yang kemudian kami ketahui bahwa beliau adalah seorang guru (ustaz) disebuah Balai pengajian. Lantas, duduk berhadapan dimeja tempat kami ngopi. singkat cerita saya memberanikan diri bertanya kepada Ustaz tersebut, Teungku' (sapaan orang Aceh kepada seseorang guru=Ustaz) saya hendak bertanya, Selain yang membatalkan shalat sesuai dengan hukum Fiqih, apa yang menyebabkan Shalat kita tidak sah?

Sebelum menjawab,  Beliau malah balik bertanya kepada saya 'coba kamu baca Surat Al-Fatihah, saya ingin mendengar. Lalu sayapun membacanya '....' Setelah mendengar bacaan saya kemudian beliau berkata 'Shalat kamu tidak Sah!, karena bacaanya salah semua!' lantas saya terkejut,  kenapa salah semua padahal menurut saya sudah fasih'.. Kemudian ustaz ini memberikan alasannya, 'jika membaca Al-Qur'an tanpa mengetahui dari mana asal Makhrajal huruf (tempat keluarnya huruf hijaiyah yaitu

dst...

maka bacaan Al-Qur'an salah, solusinya adalah  wajib belajar  ilmu tajwid. Dan jika salah makhrajal huruf dalam Surat Al-Fatihah maka shalat tidak sah karena surat Al-fatihah adalah salah satu rukun wajib dalam shalat walaupun satu kalimat saja salah.

Ada pendapat ulama mengatakan, jika terjadi hal seperti ini shalat akan diterima oleh allah dengan catatan dia sedang dalam belajar/pengajian atau seorang santri yang sedang belajar membaca Al-Qur'an. 

Hal ini menjadi renungan bagi saya pribadi dan rekan-rekan saya, bahwa hampir puluhan tahun kita Shalat dan tidak pernah tertinggal sedangkan kita tidak pernah belajar dan bertanya kepada yang lebih alim/guru kita tentang hal ini, itu artinya shalat kita sia-sia.

Sekian.... ini adalah sedikit ilmu dari saya yang saya dapat di saat kami ngopi bersama seorang Guru. Mudahan mbermanfaat bagi yang membaca. jika ada kesalahan tulisan ini itu artinya  kesalahan pengetikan dan pemahaman dari saya sendiri. mohon dimaklumi karena saya tidak merekamnya. 






Post a Comment

Powered by Blogger.