Halloween party ideas 2015

Sumut di goyang Gempa 5,6 SR


Newsacehtoday.ml - Mengutip rimanews.com, gempa bumi berkekuatan 5,6 Skala Richter mengguncang wilayah Deli Serdang, Sumatera Utara, dan getaran gempa terasa hingga ke Kota Medan.

BMKG menyatakan, gempa berpusat di darat pada posisi 28 km barat daya Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara Senin 16 Januari pukul 19.42 WIB. Sumber gempa berasal dari sesar di darat dengan kedalaman 10 km dan gempa tidak berpotensi tsunami.

"Posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa. Gempa dirasakan keras di Deli Serdang, Binjai dan Karo sekitar 5-8 detik. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran persnya.

Gempa, menurut Sutopo, juga dirasakan dengan intensitas sedang di Kota Medan. "Masyarakat Kota Medan juga berhamburan keluar rumah," kata dia.

Pusat gempa, kata Sutopo, cukup dekat Gunung Sinabung karena pusat gempa berjarak sekitar 33 kilometer timur laut dari Kabupaten Karo. "Semoga tidak makin meningkatkan aktivitas vulkanik Gunung Sinabung. PVMBG mengintensifkan pengamatan Gunung Sinabung. Status Gunung Sinabung tetap Awas," katanya.

BPBD, hingga kini, masih melakukan pendataan. "Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa," katanya.

Dilaporkan, beberapa rumah mengalami kerusakan namun masih pendataan. Listrik mati di Kota Berastagi dan beberapa desa di sekitar Gunung Sinabung seperti di Desa Sukandebi dan Sukatepu. (w)

Post a Comment

Powered by Blogger.